Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peran Guru dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang

Septy Nurul Fauziah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Intan Sari Ramdhani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V Di SDN Karet 1 Kabupaten Tangerang. Dalam mengembangkan minat baca, guru sangat berperan penting dalam membangun minat baca siswa. Peran guru sangat penting karena guru yang mendidik dan mengetahui perkembangan siswa. Di kelas V SDN Karet 1, masih terdapat siswa yang minat bacanya kurang, dikarenakan kurangnya menyukai kegiatan membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Karet 1 Kabupaten Tangerang tahun 2022. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa V di SDN Karet 1 Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan tentang peran guru dalam mengembangkan minat baca siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang, dapat diterapkan dalam lima peran, yaitu: (1) Peran guru sebagai motivator yaitu : (a) guru memberikan motivasi berupa kalimat pujian (b) guru memberikan cerita yang membangun (c) guru mendorong siswa untuk membaca buku di pojok baca (2) peran guru sebagai fasilitator yaitu (a) guru menyediakan fasilitas fisik seperti pojok baca. (b) guru memberikan fasilitas non fisik berupa rekomendasi buku (3) guru sebagai dinamisator yaitu (a) Guru merancang kegiatan literasi sebelum pembelajaran yang dilakukan pada saat sebelum guru menjelaskan dan pada saat jam istirahat (b) guru memberikan target bacaan (4) peran guru sebagai konselor yaitu (a) Guru berdiskusi dengan siswa mengenai kendala yang dialami oleh siswa dalam membaca (b) Guru meluangkan waktu untuk mengatasi masalah (5) peran guru sebagai evaluator yaitu (a) guru mengevaluasi proses membaca (b) guru mengevaluasi keberhasilan membaca

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...