JEER (Journal of Elementary Educational Research)
Vol 2 No 1 (2022): 2022 Volume 2 No 1

Penerapan Media Sempoa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Cokro Aminoto Desa Ikhwan

Wadan Anuli (IAIN Manado)
Kadir Kadir (Unknown)
Surya Mashanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian bertujuan dalam rangka peningkatan kualitas hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Cokro Aminoto Desa Ikhwan dengan mengggunakan media sempoa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini dapat bermanfaat diantaranya sebagai alat pengembang kurikulum, sekolah, dan keahlian. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Cokro Aminoto Desa Ikhwan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang dengan uraian 12 orang perempuan dan 8 orang laki-laki serta guru wali kelas sebagai observator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik serta tes hasil belajar. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan media sempoa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Cokro Aminoto Desa Ikhwan. Selain itu adanya peningkatan aktifitas peserta didik lewat media sempoa. Siklus I menyatakan hasil penilaian aktivitas guru sebesar 3.42 meningkat menjadi 4 pada siklus II. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran sebesar 3.21 meningkat menjadi 3.75 pada siklus II, dan peserta didik yang mengalami ketuntasan sebesar 35% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Berdasarkan analisis data maka dapat di lihat bahwa media sempoa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian bisa menjadi sarana bagi guru untuk menggunakan media sempoa dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeer

Publisher

Subject

Education Other

Description

Culture and local wisdom based education in elementary schools multicultural context Digital-based Learning Media and Online Learning System (Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Religious Education, Art, Game and Sport, and Local Content) in Elementary School ...