Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 1 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Penerapan Metode Time Token Arends (TTA) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu

Fahruddin Fahruddin (STKIP Bima)
Muh. Nasir (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 25 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dengan persentase ketuntasan (64%). Sedangkan pada siklus II yang tuntas 24 orang siswa (96%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...