Penelitian tentang upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik bermain peran (role playing) dilatabelakangi oleh permasalahan belajar siswa yaitu bahwa sebagaian besar siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar sehingga perlu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik bermain peran (role playing). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, instrumen penelitian dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, instrumen penelitian, displayi data dan verifikasi. Kemudian pengecekkan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi metode dan sumber data. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik bermain peran dapat mengarahkan dan dorongan untuk mencapai hasil belajar yang dicapai dari kegiatan belajar, meski hasilnya belum maksimal namun sangat baik untuk membantu peserta didik. Secara maksimal bentuk motivasi yang kami lakukan yaitu dengan memberikan kesempatan saat melakukan adegan atau ikut serta memerankan peran yang akan dimainkan dan memberikan tanggapan peran yang dilakukan sehinggah membantu memiliki kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan seluruh pikiran dan minatnya.
Copyrights © 2022