Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPTD SDN 159 INPRES TEKOLABBUA KABUPATEN MAROS

Hamdayani Hamdayani (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Sundari Hamid (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Susalti Nur Arsyad (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V UPTD SDN 159 Inpres Tekolabbua Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expostfacto populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil dari uji validitas angket minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 13 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 15 butir instrumen yang diujicobakan. Dari uji t yang dilakukan didapatkan hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung sebesar 4,381 dan ttabel (db=30), yaitu 2.093 jadi thitung ≥ ttabel maka HI diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dari pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V UPTD SDN 159 Inpres Tekolabbua Kabupaten Maros

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...