Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang ditimbulkan dari pelaksanaan bimbingan belajar orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner (angket) utama dalam pengumpulan data. Sedangkan responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang berasal dari para siswa kelas IV SD Inpres No 198 Suli-suli. Pada proses analisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan bimbingan belajar orangtua sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan adanya hasil pengujian dari analisis Uji T, dimana pada analisis tersebut nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,56209> 2,09302. Hal ini menjelaskan bahwa dalam hipotesis yang diterima pada uji T adalah H1. Dimana arti dari H1 adalah bimbingan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres No 198 Suli-suli
Copyrights © 2019