JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 4 (2022): Agustus

MEMBANGUN KEMITRAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA PANDEMI COVID 19

Irianto Irianto (Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sistem Informasi, Universitas Yapis Papua)
Salahudin Robo (Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Sistem Informasi, Universitas Yapis Papua)
Reny Rochmawati (Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sistem Informasi, Universitas Yapis Papua)
Siti Nurhayati (Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Sistem Informasi, Universitas Yapis Papua)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Abstrak: Peranan Internet di era covid-19 dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam membangun produk dan usaha yang di kelola oleh mahasiswa sebagai kaum milenial. Peluang ini dapat memudahkan mahasiswa mempromosikan dan menjual berbagai jenis produk sebagai sumber pendapatan dan jika dikelola lebih lanjut dapat dijadikan sebagai sumber pembiayaan perkuliahan. Permasalahan yang muncul dalam kegiatan mahasiswa berwirausaha yaitu kesulitan dalam mempromosikan barang dan minimmnya inovasi suatu produk yang lebih value added serta minimnya modal untuk pengembangan usaha berikutnya. Oleh karena itu, melalui program kegiatan Mahasiswa Berwirausaha ini, yang diselenggarakan oleh Universitas Yapis Papua bertujuan untuk mengembangkan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa agar mampu meningkatkan potensi, kreatif, inovatif yang ada pada mahasiswa, menjadi wadah ataupun komunitas usaha kuliner yang dapat dikembangkan menjadi start-up bisnis digital. Metode yang diterapkan pada kegiatan ini yaitu dengan persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan pelaporan, metode pelaksanaan di lakukan dengan memasarkan produk buatan mahasiswa dan ukm di sekitar kampus. Setalah melaksanakan kegiatan ini mahasiswa mampu memngembangkan usaha Mahasiswa dan masyarakat disekitar kampus di era covid-19 dan menciptakan inovasi-inovasi produk baru dalam bidang usaha kuliner, keberhasilan kegiatan di ukur melalui target penjualan sebesar 10 juta yang diberikan kepada setiap kelompok dalam kurung waktu 4 bulan kegiatan.Abstract: The role of the Internet in the era of covid-19 can produce new innovations in building products and businesses that are managed by students as millennials. This opportunity can make it easier for students to promote and sell various types of products as a source of income and if managed further it can be used as a source of financing for lectures. Problems that arise in student entrepreneurship activities are the difficulty in promoting goods and the lack of innovation of a product that is more value added and the lack of capital for the development of the next business. Therefore, through this Entrepreneurial Student activity program, which is organized by Yapis Papua University, it aims to develop and foster an entrepreneurial spirit among students so that they are able to increase the potential, creative and innovative existing in students, become a forum or culinary business community that can be developed as a start. -up digital business. The method applied to this activity is the preparation of activities, implementation of activities, evaluation and reporting, the method of implementation is to market products made by students and SMEs around the campus. After carrying out this activity, students are able to develop student businesses and the community around campus in the covid-19 era and create new product innovations in the culinary business sector, the success of the activity is measured through a sales target of 10 million given to each group within 4 months.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...