Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 2 No 1 (2021): Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, Juni 2021

Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19

Mia Aina (Universitas Jambi)
Retni Sulistiyoning Budiarti (Universitas Jambi)
Gusti Ayu Muthia (Universitas Jambi)
Desi Ariani Putri (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara objektif bagaimana motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran daring selama masa Pandemi Covid-19, sehingga menjadi bahan evaluasi dalam menciptakan pembelajaran daring yang efektif ditengah Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Data berasal dari pengisian kuisoner menggunakan google form agar mudah diakses oleh peserta didik. Responden adalah 110 orang peserta didik SMA N 8 Kota Jambi kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 dan XI IPA 6, semester satu Tahun Ajaran 2020/2021.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung presentase dari setiap indikator, kemudian menginterpretasi skor presentasi dan menganalisis setiap indikatornya secara mendalam. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan presentase rata-rata motivasi belajar dari 7 indikator yaitu rasa ingin tahu, kemandirian, kesiapan, antusias atau dorongan, pantang menyerah dan percaya diri sebesar 74.9% dengan kriteria baik. Hasil Temuan dari Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun dilanda pandemic Covid-19, motivasi belajar peserta didik SMA berada pada kriteria baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam menciptakan pembelajaran daring yang efektif ditengah Pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...