Pemasaran jasa sector perbankan terdampak akibat adanya pandemic virus corona 19, dimana selama tahun 2020 Restrukturisasi dan jenis skema nasabah UMKM Dampak Penyebaran Corona Virus pada Bank PD. BPR Sarimadu mencapai 311 orang. Angka ini cukup tinggi dibandingkan kondisi normal, selain itu pula dunia perbankan dalam kondisi bagaimanapun juga harus meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengutamakan kepuasan para nasabahnya. Berbagai keluhan nasabah dengan kondisi wabah ini terus dialami dan perlu adanya informasi yang akurat bagaimana kepuasan nasabah sesungguhnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan populasinya adalah nasabah kredit yang direstrukturisasi sebanyak 311 orang dengan sampel 76 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari nasabah sebagai sampel dan juga data skunder yakni data dari Bank PD BRP Sarimadu. Teknik analisa data yakni menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan nasabah restrukturisasi kredit terdampak covid 19 pada Bank PD.BPR Sarimadu dalam kategori Puas, dimana kepuasan tertinggi yakni pada indicator emosional dimana nasabah masih merasa bangga dan merasa memiliki nilai social diperlakukan pihak perbankan, maksudnya perbankan masih memiliki perhatian pada nasabah. Sedangkan indicator terendah adalah pada harga maksudnya adanya harapan nasabah pengurangan bunga kredit dan juga pengurangan biaya administrasi kredit sehingga nasabah merasa lebih ringan mencicil dimasa pandemic ini.
Copyrights © 2021