Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan multirepresentasi peserta didik pada materi hukum Newton. Metode yang digunakan yaitu survey yang melibatkan 92 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak tahun ajaran 2021/2022. Data diambil menggunakan soal pilihan ganda sebagai instrument tes yang memuat 3 situasi soal hukum Newton (bidang datar kasar, bidang miring kasar, dan katrol) dengan 3 bentuk representasi (simbol, diagram gaya, dan matematis). Hasil analisis data memperoleh rata-rata kemampuan multirepresentasi peserta didik pada materi hukum Newton tergolong rendah yaitu 43,72%. Rata-rata kemampuan multirepresentasi peserta didik pada situasi bidang datar kasar sebesar 56,88%, bidang miring kasar 30,80% dan katrol sebesar 43,48% dengan rata-rata merepresentasikan soal ke dalam representasi simbol sebesar 65,94%, representasi diagram gaya sebesar 44,57% dan representasi matematis sebesar 20,65%. Rendahnya kemampuan multirepresentasi peserta didik ini perlu ditingkatkan dengan melakukan pengenalan pada bentuk-bentuk representasi dalam pembelajaran fisika sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran berbasis multirepresentasi guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika terutama hukum Newton.
Copyrights © 2022