Jurnal Administrasi Bisnis


Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap Minat Belanja pada Aplikasi Shopee di Tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

Indah Tri Ayu Mustika (Universitas Negeri Makassar)
Firman Umar (Universitas Negeri Makassar)
Risma Niswaty (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Guntur (Universitas Negeri Makassar)
Aris Baharuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat Mahasiswa untuk melakukan pembelian pada aplikasi Shopee, dan bagaimana penggunaan Electronic Word Of Mouth (EWOM) bagi Mahasiswa di tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 395 Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 Mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS.25 yang terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis deskriptif persentase, analisis linear sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Electronic Word Of Mouth (EWOM) pada Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 dalam kategori baik, dan (2) untuk aksesibilitas Electronic Word Of Mouth oleh Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 termasuk kategori baik. Berdasarkan data tersebut maka tingkat hubungan dalam kategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat belanja pada Mahasiswa di tingkat jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0,746 dan nilai koefisien determinasi sebesar 55,7 persen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya ...