Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Pembelajaran Geometri Menurut Standar Pengajaran NCTM Dengan Setting Kooperatif Di Smp Negeri 22 Jambi

Rohati Rohati (Unknown)
Sri Winarni (Unknown)
Elfiati Elfiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2013

Abstract

Abstrak Dunia pendidikan seakarang menuntut seluruh proses pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa dan kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman dalam kelasnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan menerapkan pengajaran menurut standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) dengan setting kooperatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah memaparkan bagaimana bentuk pembelajaran geometri menurut standar NCTM dengan setting kooperatif. Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pelaksanaan tindakan dalam setiap siklus penelitian terdiri dari 4 komponen yaitu merencanakan , melaksanakan, mengamati dan merefleksi. Dari 3 kali siklus yang dilakukan diperoleh peningkatan hasil belajar. Pada siklus ketiga diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 76, 5 yang lebih tinggi dibandingkan siklus sebelumnya. Respon siswa juga menunjukkan perubahan setiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan semakin aktif siswa belajar berkelompok.Empat komponen dalam pengajaran NCTM juga bisa dilaksanakan yaitu berupa tugas-tugas, wacana, lingkungan belajar dan analisis. Kata Kunci : geometri, standar NCTM, setting kooperatif

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...