Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang

Analisis Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Siteba Kota Padang)

Syafri Wardi (Institut Teknologi Padang)
Nila Omi Yeza (Program Studi Teknik Sipil Sarjana, Institut Teknologi Padang, Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang – 25143, Indonesia)
Septi Anita (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Bina Marga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Jalan Raya Siteba merupakan jalan perkotaan dua lajur dua arah tak terbagi di Kota Padang yang berada pada salah satu daerah komersil di Kota Padang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan terlihat bahwa sering terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut, terutama pada jam sibuk di pagi dan sore hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas Jalan Raya Siteba yang ditinjau dari tingkat pelayanan (LOS) dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan kinerja ruas jalan tersebut. Analisis tingkat pelayanan ruas jalan dilakukan berdasarkan pada metode MKJI 1997 menggunakan data primer berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas dan hambatan samping yang didapatkan dari survei lapangan, serta data sekunder berupa data jumlah penduduk. Hasil analisis tingkat pelayanan (LOS) ruas jalan ini pada jam puncak di pagi hari menunjukkan tingkat pelayanan pada kategori E yang berarti volume lalu lintas mendekati/berada pada kapasitas ruas jalan, arus lalu lintas tidak stabil, dan kecepatan terkadang terhenti. Alternatif solusi yang disarankan yaitu dengan pemasangan pemisah arah untuk mengubah tipe jalan menjadi jalan dua lajur dua arah terbagi, yang dapat meningkatkan tingkat pelayanan ruas jalan menjadi level C. Alternatif solusi lainnya yang diusulkan adalah dengan memindahkan salah satu arah arus lalu lintas sehingga jalan tersebut menjadi jalan dua lajur satu arah, yang dapat meningkatkan tingkat pelayanan ruas jalan tersebut menjadi level B.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang atau disingkat JTS ITP ini dikelola oleh Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut teknologi Padang, Sumatra Barat, Indonesia. JTS ITP terbit 2 (dua) kali setiap tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli, sejak tahun 2014. Terhitung Juli 2016, ...