Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen
Vol 6, No 2 (2022): September 2022

Perencanaan Strategi Pemasaran Tanaman Hias Taman Anggrek Ragunan di Masa Pandemi Covid-19

Anang Martoyo (Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia)
Satya Arisena Hendrawan (Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia)
Rizki Hesananda (Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran pada pedagang tanaman hias di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisanya melalui faktor-faktor internal dan eksternal. Alat analisis yang digunakan adalah Matrik SWOT dan Kuadran SWOT. Menurut hasil ’SWOT analysis’ dapat ditentukan bahwa posisi bisnis pedagang tanaman hias di Taman Anggrek Ragunan terletak pada Kuadran 1 (0,52 : 0,90). Hasil ini menunjukkan bahwa bisnis berada pada kekuatan dan peluang yang potensial untuk dikembangkan melalui strategi SO atau strategi agresif.  Adapun formulasi strategi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan lokasi untuk menambah pangsa pasar, mengoptimalkan digital marketing melalui media sosial, marketplace, dan website, kemudian menerapkan strategi product bundling, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk/layanan, membudidayakan sendiri  anggrek bulan dan varian tanaman lainnya, serta  bekerjasama dengan jasa perbankan dalam penyediaan permodalan untuk pengembangan bisnis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

widyacipta

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Widyacipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen dipublikasi mulai tahun 2017 dengan P-ISSN: 2550-0805 E-ISSN: 2550-0791 memuat tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual, kajian, aplikasi teori, studi kepustakaan, dan hasil penelitian yang mempunyai fokus pada perkembangan manajemen, sosial, ...