Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi dan data sebagai temuan, khususnya untuk mengetahui hakikat penerapan pembelajaran Sains di kelas 5 SD Al-Jannah Islamic Fullday School Jakarta dengan menerapkan pendekatan belajar aktif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas 5 SD Al-Jannah Islamic Fullday School Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru menjadikan siswa aktif sejak awal pembelajaran, terdiri dari: (a) menciptakan minat awal siswa terhadap pelajaran, (b) mempelajari pengetahuan dan pengalaman siswa terkait dengan materi, dan (c) mengembangkan semangat kerja sama, saling mengenal dan ketergantungan yang positif. Adapun peran guru pada proses pembelajaran Sains dalam rangka membantu siswa mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, terdiri dari: (a) membuat variasi kegiatan belajar, (b) membuat variasi tempat belajar,(c) merangsang timbulnya motivasi belajar siswa, (d) mengorganisasikan siswa, (e) mengembangkan sikap-sikap ilmiah, dan (f) memfasilitasi terjadinya interaksi siswa dengan media dan sumber belajar. Cara guru mengakhiri kegiatan belajar sains agar tidak mudah terlupakan oleh siswa, terdiri dari: (a) mengadakan peninjauan, (b) merencanakan kegiatan mendatang, dan (c) memberikan penguatan
Copyrights © 2013