Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2 No 2 (2014): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEBALEN 03 BEKASI

Desi Irianti (Unknown)
Aningsih . (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2014

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Permasalahan interpersonal siswa kelas V di SD Negeri Kebalen 03. Maka dari itu di SDN Kebalen 03 diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat mengingkatkan kecerdasan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw yangdipilih peneliti terhadap kecerdasan interpersonal siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi dengan design pretest posttest control group designdengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data berupa angket, observasi dan tes soal. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa untuk kelas ekperimen dan 38 siswa untuk kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukan rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 59,16 dan posttest 62. Sedangkan untuk rata-ratapretest kelas eksperimen adalah 59,37 dan posttest 68,87 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 67,40%. Hasil dari analisis dalam eksperimen ini dengan menggunakan analisa perhitungan independent sampel t-tes yang diperoleh nilai 6,512 dengan menggunakan db 74 taraf nyata = 0,05, sehingga diperoleh nilai 1,993, Maka dikatakan thitung >ttabel. Berdasarkan pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw merupakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri Kebalen 03

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...