Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran tematik berbasisbudaya Betawi, dan (2) meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV SD IslamTaman Quraniyah melalui pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi. PembelajaranTematik Berbasis Budaya Betawi merupakan proses belajar tentang budaya, belajar denganbudaya, belajar melalui budaya, bahkan belajar berbudaya, khususnya budaya Betawi.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukandengan empat tahap, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengaruh implementasimonitor, dan survei/refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen hasilwawancara, hasil observasi aktvitas guru dan siswa, tes kecerdasan visual-spasial, catatanlapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam TamanQuraniyah yang berjumlah 27 anak, terdiri dari 14 perempuan dan 13 laki-laki. Peresentasehasil tes kecerdasan visual-spasial siswa dari tindakan siklus I diperoleh 44% dengan nilairata-rata 66 meningkat menjadi 74% dengan nilai rata-rata 74 pada siklus II sehinggamencapai 89% pada siklus III dengan nilai rata-rata 80. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi dapat meningkatkankecerdasan visual-spasial siswa.
Copyrights © 2018