Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 3 No. 2 Juli 2022

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM DRAMA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ARISAN MUSI MUARA ENIM MELALUI METODE BERMAIN PERAN

Karolin Karolin (Unknown)
F.A. Milawasri (Unknown)
Mukhlas Mukhlas (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode bermain peran kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim dalam pembelajaran drama dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengambil lokasi di MIN Arisan Musi kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa, terdiriatas 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam drama siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim. Hal tersebut dapat dilihat dari data-data nilai pada setiap siklus yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dengan lancar tidak merasa takut, dan lebih berani berbicara dengan bahasa yang komunikatif, runtut, baik, dan benar. (2) melalui metode bermain peran ini kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Arisan Musi Muara Enim mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil analisis data, nilai rata-rata prasiklus 58 (30%), nilai rata-rata siklus satu sebesar 69 (66,7%) dan nilai rata-rata siklus dua sebesar 84 (90%).Kata kunci : Berbicara, drama, bermain peran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...