Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 1, No. 2: July - December 2020

Nilai-nilai filosofis dalam pendidikan agama islam

Ifmawati Ifmawati (SD Muhammadiyah Ngentak Banjararum, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendalami pengaruh filsafat ilmu dalam pendidikan agama Islam. Filsafat ilmu adalah kajian komprehensif terkait pondasi ilmu, dalam artikel ini adalah ilmu mendidik agama Islam. Proses untuk menyibak pondasi ilmu tersebut dilakukan melalui tiga hal, pertama, secara ontologi; kedua, epistemologi; Ketiga, aksiologi. Metode yang dipakai dalam penulisan artikel ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam melihat secara filosofis Pendidikan Agama Islam. Pendidikan agama Islam secara filosofis adalah proses pembimbingan secara sadar seorang pendidik terhadap peserta didik agar unsur jasmaniah, rohaniah, intelektualitas, dan kemampuan lainnya dari peserta didik dapat bertambah dan semakin baik menuju terciptanya insan kamil yang tercermin dari individu, keluarga dan masyarakat yang mengusung nilai-nilai Islami.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...