Sistem Pendukung Keputusan dengan Aplikasi
Vol 1 No 2 (2022): September 2022

Penilaian Produk Jamu Pada Usaha Dagang Nuar Menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis)

Aninda Muliani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Akbar Alhafiz (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Azrial Pratama (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Produk yang bagus dan berkualitas merupakan nilai penting dalam jual beli. Demikian halnya dengan produk jamu. Dalam menentukan penilaian produk jamu, bermacam kriteria harus dipenuhi agar dapat dikatakan sebagai jamu berkualitas . Kriteria tersebut antara lain adalah harga,jumlah penjualan, khasiat, serta jenis dan bentuk jamu. Penilian produk jamu ini dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tarik pembeli dalam membeli produk jamu yang berkualitas. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut ditentukan alternatif terbaik menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of ratio Analysis (MOORA). Setelah melakukan pencarian nilai pada nilai bobot pada tiap atribut,selanjutnya melakukan perangkingan untuk menentukan alternatif dengan nilai optimal.Berdasarkan 25 alternatif yang digunakan ditemukan bahwa Triple X (kapsul) sebagai produk jamu dengan rangking tertinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Artikel yang diterbitkan dalam Sistem Pendukung Keputusan dengan Aplikasi adalah relevansinya dengan masalah teoretis dan teknis dalam mendukung pengambilan keputusan yang ditingkatkan. Naskah dapat diambil dari beragam metode dan metodologi, termasuk dari teori keputusan yang didukung ...