Jurnal Neo Societal
Vol 7, No 2 (2022): Edisi April

STRATEGI PEDAGANG LOKAL MOROSI DI PASAR CINA

Ashmarita Ashmarita (Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo)
Susantri Atmitasari (Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo)
La Ode Topo Jers (Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo)
Raemon Raemon (Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pedagang Lokal Morosi berdagang di Pasar Cina”. Penelitian ini dimaksudkan dengan memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pedagang lokal Morosil dalam berdagang di Pasar Cina Desa Morosi Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe yang memiliki konsumen dan pengunjung mayoritas orang Cina atau Tenaga Kerja sing (TKA) yang memiliki banyak perbedaan dengan orang lokal yaitu bahasa dan budaya. Penelitian ini menggunakan teori strategi adaptasi oleh John W. Bennet, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pasar Cina di Morosi memiliki konsumen mayoritas orang Cina dan pedagang berasal dari masyarakat lokal Morosi. Pedagang lokal di Pasar Cina mengalami kendala dalam berdagang dan melayani orang Cina dikarenakan banyaknya perbedaan antara pedagang lokal dengan orang Cina mulai dari bahasa dan budaya. Sehingga pedagang lokal melakukan berbagai strategi adaptasi untuk dapat berbaur dengan orang Cina dan untuk kelancaran usahanya, adapun strategi yang dilakukan pedagang lokal yaitu : Belajar berbahasa Cina dan bahasa isyarat, memajang papan nama warung/kios menggunakan bahasa Cina, menyediakan kebutuhan TKA dan penggunaan handphone android dalam pelayanan konsumen orang Cina.  

Copyrights © 2022