Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 1 LUWUK

Danti Yuliarsi Saadjad (Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendesrikpsikan pengaruh model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring tarhadap hasil belajar siswa kelas VII materi IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 1 Luwuk, menggunakan metode quasy experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan tes ekperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA 20 orang dan kelas VIIB 20 orang, dipilih menggunakan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung  = 5,763 > nilai ttabel = 2,101. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTS Negeri 1 Luwuk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...