Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2018): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, Maret 2018

PENINGKATAN INTENSITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI SMP NEGERI 4 BATUI KABUPATEN BANGGAI

Almustari Enteding (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan diskusi kelompok dalam meningkatkan intensitas interaksi sosial peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Batui Kabupaten Banggai.Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas yang dilaksanakan dengan model siklus.Terdapat tiga siklus yang digunakan, dimana siklus II merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Siklus I, dan Siklus III merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Siklus II.Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis secara kualitatif data-data yang diperoleh dalam observasi yang dilakukan pada setiap siklusnya.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan diskusi kelompok dalam meningkatkan intensitas interaksi sosial peserta didik adalah peserta didik yang semula lemah, tidak percaya diri, dan pasif telah mengalami banyak peningkatan yang signifikan.Interaksi sosial tampak lebih seimbang dan hidup.Peningkatan interaksi sosial peserta didik terjadi akibat dilakukannya refleksi dalam setiap siklus diskusi guna mempertahankan hal yang positif dan menanggulangi hal yang merugikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...