Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2018): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, Oktober 2018

OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 LUWUK KABUPATEN BANGGAI

Lakilo Laruli (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Luwuk Kelas VIII A, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dari 69,15% pada siklus I menjadi 90,06% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dari 68,65% pada sikus I menjadi 92,07% pada siklus II, dan peningkatan hasil observasi guru dari 71,67% dari sikus I menjadi 98,81% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Metode Learning Start With A Question pada materi lingkaran dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep matematika Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Luwuk Kabupaten Banggai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...