Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2019): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, Oktober 2019

HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Lakilo Laruli (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai koefisien korelasi (r) = atau 65,40% adalah angka positif. Hal ini menunjukkan hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar matematika Di SMP Negeri 2 Luwuk adalah positif dan berada pada interprestasi antara 0,60 - 0,799 yang dimaknai dengan tingkat hubungan kuat. Adapun Nilai KD = 42,76% menunjukan besar hubungan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap Hasil Belajar matematika di SMP Negeri 2 Luwuk, sebesar 42,76%. Sedangkan nilai thitung = 4,812, Dengan derajat kebebasan (db) = 60 – 2 = 58 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,00 sehingga, thitung lebih dari pada ttabel atau 4,812 > 2,00 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan sehingga korelasinya adalah adanya hubungan kemampuan berpikir kreatif derngan Hasil Belajar matematika di SMP Negeri 2 Luwuk. Dengan demikian hipotesis diterima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...