Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2020): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN DAFTAR CEK MASALAH OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Arifah Abd. Latif Dunggio (Bimbingan dan Konseling Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Hambatan atau rintangan akan senantiasa muncul setiap waktu baik itu kesulitan mengajar guru, kesulitan belajar peserta didik dan sebagainya. Sehingga dengan beberapa hambatan tersebut diharapkan guru dan peserta didik yang bersangkutan akan lebih dinamis dan inovatif. Upaya memberi bantuan kepada peserta didik yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain dengan memberikan layanan Daftar Cek Masalah. Permasalahan yang dibahas dalam Penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pengungkapan Masalah oleh Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Penggunaan Daftar Cek Masalah pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Berdasarkan analisis data yang telah di kemukakan, maka penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kegiatan Penyebaran Daftar cek Masalah di SMP Negeri 2 Luwuk dilaksanakan secara terprogram dan terencana dengan baik. Karena kegiatan ini tercantum dalam Program Layanan Bimbingan Konseling. Implementasi Kegiatan Penyebaran Daftar Cek Masalah berjalan dengan baik, karena seluruh proses berjalan sesuai dengan tahapan dan prosedur yang ditetapakan, mulai dari penyusunan instrumen sampai pengolahan dan analisis data.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...