Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Danti Yuliarsi Saadjad (Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lamala dengan tujuan untuk Mendeskripsikan kualitas keterlaksanaan metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VII SMP Negeri 1 Lamala. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menggunakan tindakan berupa penerapan pembelajaran IPA model Students Team Achievement Divisons (STAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana paparannya berisi tentang keterlaksanaan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran IPA Model STAD, dan prestasi belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model STAD yang terdiri penyajian kelas dan belajar tim, analisis dan pengerjaan tugas LKS, mempresentasikan tugas, penghargaan, dan tes yang diorientasikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penerapan pembelajaran dengan model STAD dapat terlaksana dengan baik, dengan presentase keterlaksanaan yang semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Prestasi belajar siswa selama penerapan pembelajaran dengan model STAD pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lamala.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...