Borobudur Communication Review
Vol 1 No 1 (2021)

Content and Audience Commodification of Foodgram @Jogjafoodhunter as Information Media for Popular Culinary in Yogyakarta

Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali (Program Studi Komunikasi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia)
Erwin Rasyid (Program Studi Komunikasi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia)
Santi Parianti (Program Studi Komunikasi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Pertumbuhan pesat pengguna media sosial menyebabkan munculnya akun buzzer. Diantara dampaknya adalah hadirnya para penggiat akun instagram, terkhusus tentang kuliner. Adanya informasi kuliner bercampur dengan praktik bisnis dalam konten iklan di akun instagram @Jogjafoodhunter seakan membuat komoditas baru yang layak dijual. Hal tersebut menimbulkan konsekuensi baru dengan adanya pergeseran esensi informasi kuliner untuk menggeser perannya sebagai wadah bisnis bagi pemilik akun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi konten dan audience pada akun @Jogjafoodhunter sebagai media informasi kuliner populer. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Di akhir penelitian ditemukan bahwa unggahan di akun @Jogjafoodhunter telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi bagian dari konten untuk menarik pengikut membeli produk sekaligus menjadi orang yang konsumtif. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya proses komodifikasi konten. Selain itu terdapat komodifikasi audiens pada akun ini, yakni sebagai penambah rating akun bagi pengiklan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bcrev

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Borobudur Communication Review, publishes research and innovative ideas on communication. Borobudur Communication Review is published by Department of Communication, Muhammadiyah Magelang University. Borobudur Communication Review covers the following fields: digital communication, digital PR, ...