JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 22, No 1 (2016)

PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR MODEL FLEMING TERHADAP MASA BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL

Waston Malau (Unknown)
Deny Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar dan gaya belajar model fleming terhadap masa belajar mahasiswa di fakultasilmu sosial universitas negeri medan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategipembelajaran trading place memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi. Hal inidapat dijelaskan karena strategi pembelajaran trading place memberikankebebasan kepada mahasiswa untuk lebih berperan aktif dan dapat berinteraksidengan teman belajar dan dosen. Mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih termotivasi, lebih semangat selama proses pembelajaran, sehingga mahasiswa lebih terampil dalam hal mengemukakan pendapatnya, sedangkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang pada dasarnya pembelajaran berpusat kepada dosen mengakibatkan mahasiswa yang memiliki gaya belajar  kinestetik tidak dapat berinteraksi/kurang bersosial dengan teman dan  mahasiswa kurang termotivasi sehingga cepat merasakan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan rekomendasi bahwa strategi pembelajaran trading place sangat cocok digunakan kepada mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik daripada strategi pembelajaran ekspositori dan mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan read/write.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...