Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
2021: Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)

Profil Soal Tryout Ujian Nasional Mata Pelajaran Biologi Madrasah Aliyah (MA) Negeri di Kabupaten Sukoharjo TA 2018/2019 berdasarkan Dimensi Proses dan Pengetahuan Kognitif

Putri Agustina (Unknown)
Yanu Prayudani (Unknown)
Alanindra Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan. Evaluasi akhir pada proses pendidikan di jenjang tertentu dilaksanakan dalam bentuk Ujian Nasional (UN). Sebelum dilaksanakan UN, maka dilaksanakan tryout untuk melatih dan mempersiapkan siswa agar memperoleh hasil maksimal pada saat menempuh UN. Soal tryout biasanya disusun oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di wilayah tertentu. Sebagai alat evaluasi, maka soal tryout harus memenuhi berbagai standar salah satunya adalah profil atau sebaran tingkatan pengetahuan pada setiap butir soal. Profil tersebut salah satunya ditunjukkan dengan dimensi proses kognitif yang dikemukakan oleh Bloom dan dimensi pengetahuan kognitif yang dikemukakan oleh Anderson dan Krathwohl. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil soal tryout UN mata pelajaran Biologi Madrasah Aliyah (MA) Negeri di Kabupaten Sukoharjo T.A 2018/2019 berdasarkan dimensi proses dan pengetahuan kognitif. Subjek penelitian ini adalah soal tryout UN matapelajaran Biologi MA Negeri di Kabupaten Sukoharjo T.A 2018/2019 sedangkan objek penelitian ini adalah profil berdasarkan dimensi proses dan pengetahuan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi sedangkan identifikasi menggunakan lembar identifikasi kategori soal berdasarkan dimensi proses dan pengetahuan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan dimensi proses kognitif maka diperoleh 7 item (17,5%) soal masuk kategori C1 (mengingat), 7 item (17,5%) masuk kategori C2 (memahami), 10 item (25%) masuk kategori C3, 6 item (15%) masuk kategori C4 (menganalisis), 6 item (15%) masuk kategori C5 (mengevaluasi), serta 4 item (10%) masuk dalam kategori C6 (mencipta). Sedangkan ditinjau dari dimensi pengetahuan kognitif maka diperoleh 10 item (25%) masuk dalam kategori pengetahuan faktual, 21 item (52,5%) masuk dalam kategori pengetahuan konseptual, 9 item (22,5%) masuk dalam kategori pengetahuan prosedural, serta tidak ditemukan soal yang masuk dalam kategori pengetahuan metakognitif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

snpbs

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) adalah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah ...