Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2022)

BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI AJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN MELAWI

Waridah Waridah (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Salah satu bidang yang terkena dampak adanya pandemi covid-19 adalah bidang pendidikan yang berakibat dengan proses belajar dan jam mengajar di sekolah. Jam masuk siswa yang dibuat menggunakan sistem sift sehingga harus memangkas durasi setiap mata pelajaran atau setiap subtema kegiatan setiap harinya. Hal tersebut juga berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang baik. Disisi lain tuntutan kurikulum yang mengharuskan kompetensi dapat tercapai. Untuk memfasilitasinya, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat menjawab masalah mengenai hasil belajar yang tidak maksimal, jam belajar yang terlalu singkat, materi ajar yang tidak tuntas, pemahaman siswa yang tidak mendalam. Jenis kegiatan PkM ini adalah pembimbingan secara intensif kepada siswa-siswa PAUD/TK, SD, dan SMP. Pelaksanaan bimbingan belajar sebagai upaya pengoptimalan pemahaman siswa terhadap materi ajar selama pandemi covid-19 telah dapat meningkatkan pengetahuan/ pemahaman siswa SD yang mengikuti bimbel. Melalui bimbel dapat mengoptimalkan ketercapaian kurikulum SD/MI dan hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Melawi.

Copyrights © 2022