cover
Contact Name
Mastiah
Contact Email
mastiah2011@gmail.com
Phone
+6282150036515
Journal Mail Official
mastiah2011@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi, Jl. RSUD Melawi KM. 04 Kecamatan Nanga Pinoh Kab. Melawi
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27756653     DOI : https://doi.org/10.46368/dpkm
Fokus Jurnal ini adalah mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat di berbagai bidang keilmuan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
SOSIALISASI MODEL PERMAINAN UNTUK SEPAKTAKRAW SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR Nur Moh Kusuma Atmaja; Kurnia Dyah Anggorowati; Eko Rudiansyah; Nur Sulistyo Mutaqin; Suyatmin Suyatmin; Indria Susilawati
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.865 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v2i1.540

Abstract

Permasalahan yang dihadapi mitra adalah guru masih belum memahami model-model permaian sepak takraw dan masih banyak siswa yang kurang meminati olahraga ini di karenakan kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi pembelajaran sepaktakraw, belum adanya model permainan yang dapat memotivasi minat siswa kelas atas sekolah dasar dalam melakukan permainan sepaktakraw. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mensosialisasikan model-model permainan sepaktakraw dalam pembelajaran Pendidikan Jamani Kesehatan dan rekreasi yang sesuai bagi siswa kelas atas Sekolah Dasar; (2) Mengetahui keefektifan model permainan sepaktakraw yang dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Jamani Kesehatan dan Rekreasi yang sesuai bagi siswa kelas atas Sekolah dasar. Metode pelaksanaan kegiatan PKM yang digunakan yaitu pengenalan, pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil sosialisasi para guru dan mahsiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PKM ini, pengembangan model permianan ini sangat membantu dalam menyampaikan materi teknik dasar permaianan sepaktakraw dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi teknik dasar permainan sepak takraw dengan berbagai model yang bervariasi dalam mengajar permainan sepak takraw
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN SUBMISSION DI JURNAL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MELAWI Mastiah Mastiah; Mardiana Mardiana; Ahmad Khoiri
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.166 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v1i2.481

Abstract

Abstract: This community service activity aims to train teachers in writing scientific articles based on research results. In addition, guiding teachers to practice submitting journals in electronic journals. The training methods are lecture, demonstration, and practice. The training materials are scientific article writing and submission in electronic journals. This training was attended by 15 elementary school teachers from several areas in Kapuaten Melawi. Before being given the training materials, the participants filled out the pretest questions. After all the training materials were given, participants filled out the posttest questions. This is done to measure the extent to which participants understand the material presented.Keywords: training, writing scientific articles, submission Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru dalam menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian. Selain itu, membimbing guru mempraktikkan submit jurnal di jurnal elektronik. Metode pelatihan adalah ceramah, demonstrasi, dan praktik. Adapun materi pelatihan adalah  penulisan artikel ilmiah dan submission di jurnal elektronik. Pelatihan ini diikuti oleh guru sekolah dasar yang berjumlah 15 orang dari beberapa daerah di Kapuaten Melawi. Sebelum diberi materi pelatihan, para peserta mengisi soal pretest. Setelah semua materi pelatihan diberikan, peserta mengisi soal posttest. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauhmana pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.Kata kunci: pelatihan, menulis artikel ilmiah, submission.
KATEKESE PENDALAMAN KITAB SUCI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN KEBERANIAN MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN IMAN BAGI ANAK BINAAN EMAUS DALAM RANGKA BULAN KITAB SUCI NASIONAL TAHUN 2020 Ason Ason; Septian Peterianus
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.66 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v1i1.302

Abstract

Abstract: The purpose of this service activity is to introduce the holy book as a source of faith and inspiration for life. Specifically, the aim of this activity is to increase the confidence and courage of the boarders who are assisted by Emmaus in sharing their faith experiences based on the scriptures. The method used in deepening the scriptures is the catechetical method of the people. In-depth meetings are held 1 (once) a week for 4 (four) weeks in September 2020. Each meeting has a sub-theme as an elaboration of the big theme, namely: "Proclaiming the Good News Amida Crisis of Faith and Identity." The data collection technique used is direct observation in which the abserver is involved in the activity. The object observed was the participants' self-confidence and courage in the deepening of diabetes. The result that was achieved in this service activity was an increase in the sense of self-confidence and the courage of the participants in thanks to the technique. This is indicated by the increase in the percentage of the active study participants who express their experiences of faith based on the scriptures.Key words: Catechesis, deepening of the scriptures, Emmaus-assisted boarders Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah  mengenalkan kitab suci sebagai sumber iman dan inspirasi hidup. Secara khusus tujuan kegiatan ini meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian anak  asrama binaan Emaus  dalam berketekese, mengungkapkan pengalaman iman mereka berdasarkan kitab suci. Metode yang digunakan dalam pendalaman kitab suci adalah metode katekese umat. Pertemuan pendalaman dilaksanakan 1 (satu) kali seminggu selama 4 (empat) minggu dalam bulan September 2020. Setiap pertemuan memiliki sub tema sebagai penjabaran dari tema besar yakni;”Mewartakan Kabar Baik Di Tengah Krisis Iman dan Identitas.” Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung di mana abserver terlibat didalam kegiatan. Obyek yang diobservasi adalah rasa percaya diri dan keberanian peserta pendalaman dalam berkatekese. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah rasa percara diri dan keberanian peserta dalam berkatekese meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan bertambahnya presentase jumlah peserta pendalaman yang aktif berkatekese mengungkapkan pengalaman imannya berdasarkan kitab suci.Kata kunci: Katekese, pendalaman kitab suci, anak asrama binaan Emaus
PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN BAGI PARA GURU DI MI NU RAMAN AGUNG KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR Resti Septikasari; Ahmad Taufiq Yuliantoro; Sri Enggar KD; Ratih Purnama Pertiwi; Tri Ratna Dewi; Dyah Pravitasari
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.636 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v2i2.541

Abstract

Pelatihan ini dilakukan untuk memudahkan guru dalam menyimpan berbagai dokumen. Metode yang digunakan pengabdian ini adalah partisipasi aktif. Adapun alur dalam kegiatan pelatihan yang dimaksud meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pendampingan dan evaluasi. Melalui tahapan yang dilakukan tersebut, semua guru bisa mengikuti dengan baik. Dari pembuatan e-mail sampai menyimpan dokumen pada media google drive. 
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP-UP BOOK BAGI GURU SEKOLAH DASAR siti halidjah; Asmayani Salimi
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.022 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v2i1.440

Abstract

Abstrak: Kegiatan pembelajaran yang bervariasi dapat memancing siswa untuk berminat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk memancing perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang memiliki daya tarik serta menciptakan situasi belajar yang memungkinkan terjadinya proses pengalaman belajar pada peserta didik. Satu alternatif media yang dapat digunakan adalah media pembelajaran berbasis pop up book. Media ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi siswa karena mampu menyajikan visualisasi dengan berbagai bentuk. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah pelatihan dan bimbingan dengan menampilkan narasumber yang berkompeten dalam hal pembuatan media pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan SD Islam Nahdlatul Ulum yang beralamat di Jalan Kalimas Hulu Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Peserta pelatihan berjumlah 16 orang.  Bentuk kegiatan yang dipilih adalah pelatihan dan bimbingan. Pelatihan lebih difokuskan pada praktik pembuatan media pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan dengan cara pemberian teori langsung disertai praktik penyusunan media pembelajaran berbasis pop up book.
PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I PROGRAM MERDEKA BELAJAR KEMDIKBUD DI SEKOLAH DASAR Rahma Ashari Hamzah
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.328 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v1i2.339

Abstract

Pelaksanaan kampus mengajar program merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Angkatan I memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman membantu proses belajar mengajar di sekolah dasar. Metode yang digunakan berupa pendekatan kualitatif, Subjek penelitian adalah SDN 44 Padaria Kabupaten Maros. Objek penelitian adalah pelaksanaan kampus mengajar angkatan I di SDN 44 Padaria. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Program yang dilaksanakan adalah melaksanakan proses belajar mengajar, adaptasi teknologi pembelajaran bagi guru, dan membantu guru dalam menyediakan dan melengkapi administrasi pembelajaran. Kata Kunci: Pelaksanaan kampus mengajar, Program merdeka belajar
PENYULUHAN LITERASI MEDIA TENTANG HOAX DI KALANGAN GENERASI MUDA DESA JUWOK Sri Herwindya Baskara Wijaya
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.301 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v1i1.300

Abstract

Abstract: The world is currently entering a new era where information has become one of the main streams of the pendulum of world civilization. This condition has gradually formed an information society where information is the main commodity. Increasing information does not always have a positive effect on society, especially the younger generation. One of them is the prevalence of false information or hoaxes (hoax), especially in the realm of cyberspace. Not only being deceived by fake news, the hoax phenomenon also has implications for horizontal conflict. As an effort to respond to this problem, community service is carried out in the form of media literacy counseling about hoaxes in Juwok Village, Sukodono District, Sragen Regency, Central Java. This service is one of the implementations of the Real Work Lecture (KKN) work program held by Sebelas Maret University (UNS) Surakarta for the January-February 2020 period. Participants in the activity are the young generation in the village related to the activity method consisting of presentations and questions and answers. Presentations using PPT and videos containing material and examples of hoaxes on the internet and social media. The results of this activity are very important to equip the participants about media literacy so that they can wisely access social media, be careful about hoaxes and not get caught up in spreading or even producing hoaxes.                   Keywords: Media literacy, counseling, internet, social media, hoax Abstrak: Dunia saat ini sedang memasuki era baru dimana informasi menjadi salah satu arus utama pendulum peradaban dunia. Kondisi ini lambat laun membentuk masyarakat informasi dimana informasi menjadi komoditas utama. Meningkatnya informasi ternyata tidak selalu berefek positif bagi masyarakat terutama generasi muda. Salah satunya adalah maraknya informasi bohong atau hoaks (hoax) terutama menjangkiti ranah dunia maya.  Bukan hanya tertipu dengan kabar bohong, fenomena hoaks itu juga bahkan berimplikasi pada konflik horizontal. Sebagai salah satu upaya merespons masalah itu, maka dilakukan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan literasi media tentang informasi bohong (hoax) di Desa Juwok, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Pengabdian ini merupakan salah satu implementasi program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang digelar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode Januari-Februari 2020. Peserta kegiatan adalah generasi muda di desa terkait dengan metode kegiatan terdiri atas presentasi dan tanya jawab. Presentasi menggunakan PPT dan video berisi materi serta contoh-contoh hoaks di internet dan media sosial. Hasil kegiatan ini sangat penting untuk membekali para peserta tentang literasi media agar mereka bijak mengakses media sosial, bisa berhati-hati soal hoaks dan tidak terjebak menyebarkan atau bahkan memproduksi hoaks.Kata kunci: Literasi media, penyuluhan, internet, media sosial, hoaks
WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH “MEWUJUDKAN MAHASISWA YANG KREATIF DAN TERAMPIL DALAM MENULIS KARYA TULIS ILMIAH Nur sulistyo Mutaqin; Nur Moh Kusuma Atmaja; Indria Susilawati
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.829 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v2i2.811

Abstract

Abstrak: permasalah penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa masih kurang. Secara khusus, masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa dari aspek (1) kemampuan mengembangkan isi makalah ilmiah, (2) kemampuan mengorganisasi makalah ilmiah, (3) kemampuan menggunakan kosakata dan istilah makalah ilmiah, (4) kemampuan menggunakan bahasa makalah ilmiah, dan (5) kemampuan menerapkan ejaan dan teknik penulisan makalah ilmiah. Tujuan dari workshop ini adalah meningkatnya pengetahuan peserta mengenai karya tulis ilmiah. Metode yang digunakan dalam PKM adalah ceramah, diskusi dan tugas mengusun karya tulis ilmiah. Berdasarkan hasil workshop karya tulis ilmiah peserta mampu menyusun sebuah proposal karya tulis ilmiah berupa proposal penelitian, minimal gagasan ide, latar belakang dan judul karya tulis ilmiah, Menguasai materi cukup baik, mengetahui tantangan yang dihadapi saat membuat karya tulis ilmiah. Walaupun ada kendala waktu dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah. Kata kunci: Workshop, Kreatif, terampil, karya tulis ilmiah
WORKSHOP PENYUSUNAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATA PELAJARAN DI SATUAN PENDIDIKAN Eko Fery Haryadi Saputro; Nurul Apsari; Novika Lestari
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.363 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v2i1.499

Abstract

Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kesulitan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena belum adanya workshop atau pelatihan terkait penentuan dan penyusunan KKM pada tiap mata pelajaran. KKM yang digunakan sekolah mengikuti arahan dari Dinas Pendidikan. KKM yang digunakan pada tiap mata pelajaran terdapat ketidaksesuaian dengan kondisi nyata pada proses pembelajaran. Solusi yang ditawarkan pada Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah pelaksanaan workshop yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara penyusunan dan KKM serta melakukan pendampingan kepada guru SMA Negeri 1 Pinoh Utara untuk menyusun KKM pada setiap mata pelajaran yang diampu sehingga menghasilkan dokumen KKM pada tiap mata pelajaran. Berdasarkan hasil pretest dan postest pengetahuan peserta terhadap materi workshop diperoleh rata-rata nilai sebesar 40 untuk pretest dan terjadi peningkatan menjadi 94,67 pada postest. Pada angket evaluasi pelaksanaan PKM diperoleh 85,8% respon positif peserta terhadap pelaksanaan PKM. Rentang keterampilan setiap peserta dalam menyusun KKM mata pelajaran adalah 72,5-90% dengan rata-rata 82,3.
PENGAWASAN DAN PENILAIAN UJI KOMPETENSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK N I MARTAPURA OGAN KOMERING ULU TIMUR Defi Pujianto
Bestari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.519 KB) | DOI: 10.46368/dpkm.v1i2.403

Abstract

SMK is a secondary school that emphasizes skills. Students are provided with skills acquired from school as well as skills acquired during practice. The Skills Competency Examination aims to measure the achievement of student competencies at a certain level according to the Expertise Competencies taken in SMK. The role of Competency Test Assessors consists of a combination of internal and external examiners. Internal Examiners are productive teachers who are relevant to the field. External examiners come from DUDI / professional associations / partner institutions who have educational backgrounds or work experience relevant to the Expertise Competencies to be tested. As in the previous year, UKK scores will be calculated as School Exam Scores for vocational competency subjects. In general, the UKK device consists of, Vocational Practice Questions (SPK) in the form of assignments for test participants, and Practice Question Assessment Guidelines (PPSP) are instruments used for scoring each component of the assessment. The assessment sheet contains assessment components, assessment sub-components, competency achievement, and assessment criteria/rubrics. w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Acce