Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika

Pengaruh Task Commitment dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022

Siti Wahyuni (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Usfandi Haryaka (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Azainil Azainil (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh task commitment dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini task commitment dan kemandirian belajar berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan statistik deskripstif dan statistik inferensial yang terdiri dari pemeriksaan asumsi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif, diperoleh rata-rata skor task commitment sebesar 75,13 dengan kategori sedang; rata-rata skor kemandirian belajar sebesar 79,69 dengan kategori sedang; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 59,26 dengan kategori sedang. Hasil analisis inferensial data hasil penelitian ini menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan regresi dugaan dan nilai Fhitung sebesar 22,597 dan nilai probabilitas (Sig. F) adalah 0,000 dengan adalah 0,050. Karena sig. maka persamaan regresi dugaan yang diperoleh adalah berarti. Nilai menunjukkan konstribusi task commitment dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 17,9%. Untuk varibel task commitment diperoleh nilai (sig. t) adalah 0,000 dengan α = 0,050 sehingga nilai (Sig.t) < α, artinya terdapat pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan, untuk variabel kemandirian belajar diperoleh nilai (Sig. t) adalah 0,000 dengan α = 0,050 sehingga nilai (Sig. t) < α, artinya terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh task commitment dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...