Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia

Debie K. R. Kalalo (Universitas Negeri Manado)
Henny Nikolin Tambingon (Universitas Negeri Manado)
Viktory Nicodemus Joufree Rotty (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan teknologi informasi dan dampaknya pada kreativitas pembelajaran guru-guru sekolah luar biasa di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan suatu fenomena. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari teori-teori terkait. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari 335 guru SLB di Provinsi Sulawesi Utara hanya 263 orang guru yang menguasai IT, sementara sisanya 72 orang belum menguasai IT. Usia guru SLB di Prov. Sulawesi Utara terbanyak berusia kurang dari 30 tahun dengan jumlah perempuan 57 orang dan laki-laki 21 orang. Sementara persentase usia diatas 55 tahun sebanyak 16 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Hal ini menjukkan bahwa usia guru tingkat pemahaman IT oleh guru yang berusia lebih muda lebih mendominasi dikarenakan mereka lahir dan tumbuh di tengah-tengah perkembangan IT secara global.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...