Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 7 No. 2 (2020): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO FOR QUESTION CARD (STUDI KASUS KELAS VI C SDN JAGIR I/393, SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020)

Dewi Restiaji (SDN JAGIR I/393, Surabaya)
Mirza Hardian (Universitas Riau)
Yayuk Hidayah (UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN)
Anis Suryaningsih (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan proses uji coba media pembelajaran uno stacko for question card di kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya tahun ajaran 2019/2020 sebagai salah satu inovasi media dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di kelas sehingga dapat meminimalisir penggunaan kertas yang biasanya digunakan untuk melaksanakan ulangan harian. Fokus penelitian ini adalah mengenai identifikasi motivasi belajar anak selama penerapan uno stacko for question card. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan disain studi kasus. Instrument pengumpulan data adalah catatan harian guru, lembar observasi, panduan wawancara dan lembar refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020 dengan partisipan seorang kepala sekolah, 1 orang guru kelas siswa di kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Tekhnik analsis data menggunakan tematik analisis. Hasil penelitian menunjukan bagaimana perubahan motivasi belajar anak setelah diterapkan uno stacko for question card beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kesimpulan penelitian adalah perubahan motivasi belajar adalah pada faktor internal kesehatan, berupa fungsi- fungsi fisik (terutama panca indera), Faktor psikologis berupa rasa ingin tahu dan medapat simpati dari guru dan teman. Faktor ekternal yang mempengaruhi motivasi belajar adalah faktor non sosial berupa waktu saat pembelajaran berlangsung dan faktor sosial berupa kehadiran guru kelas. Rekomendasi penelitian ini adalah media pembelajaran uno stacko for question card dapat digunakan sebagai alternatif dalam membantu mengembangkan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...