Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 8 No. 2 (2021): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

PENGEMBANGAN MODUL PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER ADIL PADA ANAK USIA 9-12 TAHUN

Mia Amania (Universitas Sanata Dharma)
Gregorius Ari Nugrahanta (Universitas Sanata Dharma)
Irine Kurniastuti (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul permainan tradisional berkarakter adil pada anak usia 9-12 tahun. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini melibatkan lima guru dari Yogyakarta, Kulonprogo, Klaten, dan Gunungkidul untuk analisis kebutuhan, empat validator modul yang terdiri dari tiga guru bersertifikat dan satu dosen berlatar belakang seni untuk expert judgement, dan enam anak usia 9-12 tahun untuk uji coba terbatas. modul. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. 1) Modul permainan tradisional dikembangkan berdasarkan jenis langkah-langkah ADDIE, yaitu Analisis, Desain, Kembangkan, Implementasikan, dan Evaluasi. 2) Kualitas modul permainan tradisional berdasarkan hasil validasi menggunakan skala 1-4, secara keseluruhan termasuk dalam kategori "Baik" dengan skor 3,32 dan rekomendasi "Pengaruh besar adalah r = 0,91 yang dikategorikan sebagai “pengaruh besar” atau setara dengan 83,07%. Artinya penerapan modul permainan tradisional mampu menjelaskan 83,7% dari ragam perubahan karakter adil anak usia 9-12 tahun. Tingkat efektivitas ditunjukkan oleh skor N-gain sebesar 74,922% yang termasuk dalam kategori “tinggi”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...