Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 7 No. 1 (2022): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI-MARET 2022

ANALISIS KONFLIK DALAM NOVEL PANGERAN HATI KARYA MELLYANA DHIAN

Nur Ihsan HL (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan konflik eksternal dalam novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deengan metode analisis isi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik pada tokoh sebagai makhluk sosial yang akankehilangan pengendalian diri ketika tingkat peradaban mencapai suatu kemajuan sehingga memicu suatu konflik. Desain/ metode/ pendekatan - Data penelitian ini adalah kutipan dengan sumber data kata-kata dalam novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan pengumpulan data bersumber primer dan sekunder. Teknik analisis data berupa reduksidata, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan/ hasil - Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan konflik dalam novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian adalah konflik eksternal. Konflik eksternal dalam novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian merupakan suatu peristiwa yang sengaja dibuat pengarang untuk menarik perhatian para pembaca. Konflik eksternal yang terjadi pada novel ini saling berkaitan dan bertautan yang dibungkus dalam suatu peristiwa. Novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian dapat diimplikasikan pada pembelajaran sastra di SMA dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Konflik eksternal dalam novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian dapat memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada masyarakat yang mempunyai konflik yang sama. Kesimpulan pada Penelitian sebagai berikut. Pertama, konflik dalam novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian adalah konflik eksternal. Kedua, novel Pangeran Hati karya Mellyana Dhian dapat diimplikasikan pada pembelajaran. Ketiga, Konflik eksternal dalam novelPangeran Hati karya Mellyana Dhian dapat memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...