Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS)
Vol 1, No 01 (2021): The first Publication

Hubungan Konsep Diri Akademik dan Self Regulated Learning dengan Stres Akademik Santri dalam Mengikuti Pembelajaran Daring

Dina Lutfiana (Unknown)
Ermita Zakiyah (Sinta ID : 6002033, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Stres akademik merupakan hal yang wajar dirasakan pelajar bahkan santri yang juga menempuh pendidikan formal dan di pondok pesantren. Santri dituntut untuk mampu menyelesaikan tugas di sekolah dengan tetap mematuhi peraturan di pondok pesantren yakni pembatasan penggunaan HP. Santri diharapkan mampu meregulasi diri dalam belajar dengan baik yang disesuaikan dengan konsep diri masing-masing khusunya sebagai remaja agar tidak sampai mengalami stres akademik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling purposive. Subjek penelitian yaitu santri pondok pesantren Sholahul Huda yang mengikuti pembelajaran daring dengan jumlah sampel 103 subjek. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri dalam mengikuti pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara variabel konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri (r = 0,570; p 0,05). Kontribusi konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik sebesar 32,5 %, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Focus and Scope Journal of Indonesian Psychological Science publishes peer-reviewed articles which provides detailed assistance for Authors to reach publication. It publishes research reports and scientific papers in psychology and/or related sciences which aims to advance science, knowledge, and ...