Journal of Technology Research in Information System and Engineering
Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY 3 DIMENSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 134 KALUMPANG

Raden Wirawan (STMIK Bina Adinata Bulukumba)
Andi Nurul Faizah (STMIK Bina Adinata Bulukumba)
Wahyuningsih (STMIK Bina Adinata Bulukumba)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Pelaksanaan tatap muka di masa pademi covid 19, diperlukan terobosan baru dalam proses pembelajaran dengan memanfatkan perkembangan teknologi dengan tujuan membangun kreatifitas, mengasah skill peserta didik dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem dan cara pandang kita dengan teknologi, salah satunya dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented reality sendiri adalah penggabungan benda-benda nyata dan benda maya pada lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang aplikasi media pembelajaran matematika dengan menggunakan Augmented Reality berbasis android agar minat belajar siswa meningkat dalam belajar Matematika khususnya materi bangun ruang pada kelas VI SDN 134 Kalumpang. Metode yang digunakan pada teknologi Augmented Reality ini adalah metode Marker Based Tracking dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat meningkatkan minat belajar dan pengetahuan Siswa dalam belajar materi bangun ruang sehingga mendapatkan hasil belajar yang maximal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtriste

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JTRISTE e-ISSN : 2460-8548 | p-ISSN : 2355-3677 merupakan jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasi hasil-hasil penelitian atau pemikiran dalam bidang sistem informasi, ilmu komputer/informatika, rekayasa perangkat lunak, teknologi informasi, dan sistem ...