Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 2 No 1: FEBRUARI (2020)

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR

Nuraniatun Nuraniatun (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Thamrin Tayeb (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Safei, Safei, (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Suarti Suarti (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muh. Sain Hanafy (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kompetensi pedagogik gurumatematika kelas V MIN 1 Kota Makassar, bagaimana hasil belajarmatematika peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassar, dan bagaimanapengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik kelasV MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika peserta didikMIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian expost facto.Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassarberjumlah 30 peserta didik, sampel pada penelitian ini keseluruhan daripopulasi. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket dan studidokumentasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisisdeskriptif secara manual, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensipedagogik guru MIN 1 Kota Makassar berkategori tinggi dengan presentase43%. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas V berada pada kategori tinggidengan presentase 50%. Berdasarkan analis data inferensial menggunakanaplikasi SPSS versi 23, dalam melakukan uji normalitas memperoleh nilaisignifikansi Asiymp.sig (2-tailed) sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05, makasesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas kolmogorovsmirnov,dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Untuk ujilinearitas nilai yang diperoleh nilai sig (signifikansi) dan Deviation from Linearitylebih besar dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan linearsecara signifikan antara variabel kompetensi pedagogik (X) guru denganvariabel hasil belajar (Y) karena nilai sig. deviation from linearity > nilai α (0,121> 0,05). Persamaan regresi diperoleh Y= 122,192 + 0,461X. Dari analisisdiperoleh p- value = 0.043<0.05. Dari hasil pengujian hipotesis yangmemperlihatkan bahwa nilai yang diperoleh dari hasil p-value lebih kecil darinilai taraf signifikan(0,043< 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian,keputusan pengujian ini adalah menolak H0yang berarti terdapat pengaruhantara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik MIN 1Kota Makassar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...