Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 2 No 2: AGUSTUS (2020)

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES PANAIKANG KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA

Nurhikmah Nurhikmah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Shabir U (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik akrostikterhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas V SD Inpres PanaikangKecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Penelitian ini melibatkan dua variabelyakni variabel bebas yaitu teknik akrostik sedangkan variabel terikat yaitu menulispuisi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dandesain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh peserta didik kelas V di SD Inpres Panaikang Kecamatan TinggimoncongKabupaten Gowa berjumlah 15 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalahmenggunakan teknik sampel jenuh. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitianini adalah tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistikdeskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian dari statistik deskriptif diperoleh nilairata-rata kemampuan menulis puisi sebelum penggunaan teknik akrostik yaitu 54 dansetelah penggunaan teknik akrostik nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu77,9 dan statistik inferensial diperoleh uji dua pihak sig. <a (0,05<0,14). Berdasarkanhasil penelitian di atas dapat diketahui nilai preetest tidak sama dengan nilai posttest,dalam artian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan tingkat kepercayaan 95 %. Dikatakanbahwapenggunaan teknik akrostik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisipada peserta didik kelas V SD Inpres Panaikang Kecamatan TinggimoncongKabupaten Gowa.Sangat disarankan bagi pendidik menggunakan teknik akrostik agarpeserta didik dapat lebih mudah mengembangkan kata-kata dalam menulis puisi,sebagai seorang pendidik perlu memperhatikan metode dalam pembelajaran untukmeningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik, dan kepada peneliti selanjutnya,diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini sehingga mampu mengatasikekurangan dalam penelitian ini

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...