Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 2 No 2: AGUSTUS (2020)

ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DI MIN 1 KOTA MAKASSAR

Mufrihat Mufrihat (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)
M Yusuf.T (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Umar Sulaiman (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis efektifitas implementasi budaya literasidi MIN 1 Kota Makassar ".Penelitian ini bertujuan1) Untuk mengetahui gambaran budaya literasidi MIN 1 Kota Makassar. 2) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas budaya literasidiimplementasikan pada MIN 1 Kota Makassar Makassar. 3) Untuk mengetahui apa kendalaimplementasi budaya literasi di MIN 1 Kota Makassar. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penelitimemilih jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan pedagogis, dan pendekatan sosiologis.Untukmemperoleh data, penulis melakukannya dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasiuntuk teknik pengolaan data dan analisis data digunakan reduksi data, displaydata, Kesimpulan danverifikasi menguji keabsahan data digunakan triangulasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)Gambaran efektivitas implementasi budaya literasi ditandai dengan adanya pembiasaan kegiatanmembaca surah-surah pendek dan doa-doa harian sebelum pembelajaran dimulai . Disamping itudilihat dari sarana dan prasarana seperti fasilitas pendukung perpustakaan sangat tidak mendukung,sehingga peserta didik kurang berminat membacabuku, karena di perpustakaan itu tidak ada halyang menarik yang dapat merangsang perhatian peserta didik untuk mengunjungi perpustakaan. (2)terdapatfaktor pendukung kegiatan budaya literasi diantaranya ialah: keteladanan guru dalammembimbing peserta didik dan buku pembelajaran dan buku berjenjang. Sedangkan yang menjadifaktor penghambatnya ialah: sarana dan prasarana, keteladanan peserta didik, keterbatasanekonomi dan kondisi social rumah tangga, lingkungan di luar sekolah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...