Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 3 No 1: FEBRUARI (2021)

PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS III MIS NCERA KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA

Harmin Harmin (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Umar Sulaiman (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran di luar kelas (outingclass) terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V MIS NceraKecamatan Belo kabupaten bima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruhmetode pembelajaran di luar kelas (outing class) terhadap keterampilan menulis karangandeskripsi peserta didik diajar dengan menggunakan di luar kelas (outing class) danpengaruh pembelajaran di luar kelas (outing class) terhadap keterampilan menuliskarangan deskripsi peserta didik kelas V MIS Ncera Kecamatan Belo kabupatenbima.Penelitian pre-eksperimen ini menggunakan desain penelitan one group pretest-posttestdesing. Populasi dalam penelitianadalah seluruh peserta didik. Teknik pengambilansampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Adapuninstrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan menulis karangandeskripsi dan lembar observasi. Kemudian teknik analisis data yang diguanakan padapenelitian ini yaitu statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruhketerampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar denganmenggunakan pembelajaran di luar kelas (outing class). Berdasarkan hasil analisis datadengan menggunakan statistik deskripstif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelumdiajar dengan pembelajaran di luar kelas (outing class) yaitu sebesar 52,41 dan nilai rataratasetelah diajar dengan pembelajaran luar kelas (outing class) sebesar 83,43. Adapunhasil analisis statistik < ???? = 0,05 (0,037 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1diterima, dengan tingkat kepercayaan 95% dikatakan bahwa rata-rata nilai hasilketerampilan menulis karangan deskripsi peserta didik sebelum diajar menggunakanmetode pembelajaran di luar kelas (outing class) tidak sama dengan nilai rata-rata hasilketerampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar mengguanakanpembelajaran di luar kelas (outing class).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...