Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 3 No 1: FEBRUARI (2021)

PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V MIN 02 MAKASSAR

Nurul Fadilah Amiruddin (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Yahdi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Nuryamin Nuryamin (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Metode pembiasaan guru kelas V di MIN 02Makassar 2) Penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V MIN 02 Makassar 3) PengaruhMetode pembiasaan terhadap penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V di MIN 02Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelasV berjumlah 102 orang dan sampel penelitian yaitu kelas V C dan V D berjumlah 48 orang, adapun carapengampilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakanangket dimana angket yang disebarkan oleh peneliti bersifat tertutup dikarenakan pilihan atau optionjawabannya sudah disediakan oleh peneliti atau pendapat responden sesuai dengan apa yang diamati.Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial.Berdasarkan hasil analisis deskriptif metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru termasuk kategorisedang dengan persentasi sebesar 52% dan penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik beradapada kategori sedang dengan persentasi sebesar 52%. Berdasarkan hasil statistik inferensial denganmenggunakan rumus uji regresi linear sederhana diperoleh hasil perhitungan ( ????ℎ???????????????????? > ( ???????????????????????? ) ( 25,970> 1,678 ) dan p- Value = 0,000 < 0,05 artinya signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan yangditentukan, dan pengaruhnya sebesar 93,6% maka dapat disimpulkan bahwa ????0 ditolak dan ????1 jaditerdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembiasaan yang dilakukan guru terhadap penanamanNilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V MIN 02 Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...