Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 3 No 2: AGUSTUS 2021

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN BONTORAMBA GOWA

Mawarni Auliah (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Umar Sulaiman (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
M Mirza Fatahullah (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental desain yang bertujuan untuk mengetahuikemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media kartu katabergambar kelas II SDN Bontoramba Gowa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhkemampuan membaca permulaan peserta didik setelah penggunaan media kartu kata bergambarterhadap kelas II SDN Bontorampa Gowa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 15orang peserta didik dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Analisisdata menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0.Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDNBontoramba sebelum menggunakan media kartu kata bergambar nilai rata-rata nilai yang diperolehyakni 47,87. Sedangkan, kemampuan membaca permulaan peserta didik sesudah menggunakan mediakartu kata bergambar diperoleh nilai rata-rata yakni 66,87 dengan nilai maksimum 81 dan minimum61 dan hasil tersebut berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilaisignifikansi sebesar 0,007. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari ???? (0,007 < 0,05).Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambarterhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bontoramba Gowa. Implikasidari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menjadikan media ini salah satu media untukmeningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...