Penelitian ini merupakan penelitian pre- experiment design yang bertujuan untuk mengetahuikemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II sebelum dan sesudah penerapanmetode Struktural Analitik Sintetis (SAS) di SDN Rappocini Makassar, serta mengetahuikeefektifan penerapan metode Struktural Analitik Sintetis (SAS) terhadap kemampuanmembaca permulaan peserta didik kelas II SDN Rappocini Makassar. Peneliti memilih masalahtersebut karena terdapat beberapa peserta didik yang berada di kelas II SDN Rappocini belummampu mengenal huruf konsonan maupun vokal, serta belum mampu mengeja katamembentuk suku kata, kata, dan kalimat sehingga mengakibatkan peserta didik kelas IImengalami kesulitan dalam membaca. Jenis desain dalam penelitian ini adalah One-GroupPretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kemampuan membaca peserta didikkelas II SDN Rappocini Makassar sebelum penerapan metode Struktural Analitik Sintetis(SAS) rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 49,06, dengan nilai maksimum 68 danminimum 40 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah.. Nilai signifikansi yang diperolehtersebut lebih besar dari ???? (0,715 > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa data yangdiperoleh berdistribusi normal karena nilai signifikansinya lebih besar dari 5% atau 0,05.
Copyrights © 2021