Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 3 No 2: AGUSTUS 2021

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIS (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SD RAPPOCINI MAKASSAR

Maulidyah Safruddin (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Umar Sulaiman (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre- experiment design yang bertujuan untuk mengetahuikemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II sebelum dan sesudah penerapanmetode Struktural Analitik Sintetis (SAS) di SDN Rappocini Makassar, serta mengetahuikeefektifan penerapan metode Struktural Analitik Sintetis (SAS) terhadap kemampuanmembaca permulaan peserta didik kelas II SDN Rappocini Makassar. Peneliti memilih masalahtersebut karena terdapat beberapa peserta didik yang berada di kelas II SDN Rappocini belummampu mengenal huruf konsonan maupun vokal, serta belum mampu mengeja katamembentuk suku kata, kata, dan kalimat sehingga mengakibatkan peserta didik kelas IImengalami kesulitan dalam membaca. Jenis desain dalam penelitian ini adalah One-GroupPretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kemampuan membaca peserta didikkelas II SDN Rappocini Makassar sebelum penerapan metode Struktural Analitik Sintetis(SAS) rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 49,06, dengan nilai maksimum 68 danminimum 40 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah.. Nilai signifikansi yang diperolehtersebut lebih besar dari ???? (0,715 > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa data yangdiperoleh berdistribusi normal karena nilai signifikansinya lebih besar dari 5% atau 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...