Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 4 No 1: Februari (2022)

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V YAYASAN PENDIDIKAN SUNGGUMINASA MI MANGGARUPPI KABUPATEN GOWA

Jaitun (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Sulaiman Saat (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Yahdi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan Quasi Eksperimental dengan desain Non- Equivalent control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa padamatapelajaran PKn sebelum dan sesudah menerapkan metode pemecahan maalah pada kelas V YPS MI Manggaruppi Kabupaten Gowa dan untuk mengetahui seberapa besarpengaruh penerapan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas V YPS MI Manggaruppi Kanupaten gowa. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V di Yayasan Pendidikan Swasta MI Manggaruppi Kabupaten Gowa yang terdiri dari 2 kelas dengan masing-masing siswa 29 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen.Tekhnik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan test hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode pemecahan masalah sama metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru di MI Manggaruppi Kabupaten Gowa. Dengan hasil pree-test kelas Ekperimen rata-rata 40,69 sedangkan pree-test kelas kontrol dengan nilai rata-rata 44,66. Post-test kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 76,03 sedangkan kelas kontrol 51,03 dengan persenyase peningkatan sebesar 86,8%.Implikasi dalam penelitian ini, bagi guru agar penelitian ini menjadi upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...