Journal Cerdas Mahasiswa
Vol 4, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNO-STEM BERBANTUAN CANVA TERINTEGRASI GORDANG SAMBILAN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

Riski Inayah (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Prima Aswirna (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Allan Asrar (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Keterampilan komunikasi peserta didik belum maksimal dalam setiap pembelajaran fisika karena belum adanya bahan belajar yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi. Terlebih lagi pembelajaran Fisika yang dikenal sulit dan abstrak membutuhkan bahan ajar yang dapat membuat pemeblajaran Fisika lebih menyenagkan dan mudah dipahami.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi alat musik Gordang Sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developement) dengan menggunakan model plomp dengan 3 tahap: 1) penelitian pendahuluan, 2) pengembangan prototipe, dan 3) evaluasi atau penilaian. e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi alat musik Gordang Sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik sangat valid sebesar 89%, sangat praktis sebesar 88,27% dan sangat efektif sebesar 83,11%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Cerdas Mahasiswa diterbitkan pertama kali januari 2009 oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang dengan nama jurnal Cerdas. Journal Cerdas Mahasiswa mulai tahun 2019 terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Oktober. Journal Cerdas Mahasiswa mulai volume 3 no 1 sudah ...