UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 2 (2022)

ANALISIS PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA

Sabrianil Sabrianil (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Sahrul Syahrul (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
Anas Arfandi (Pendidikan Teknologi dan kejuruan)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana gambaran praktik kerja lapangan siswa, nilai mata pelajaran produktif siswa TKJ dan tingkat kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Takalar; 2) Apakah terdapat pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa  kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Takalar; 3) Apakah terdapat pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja siswa  kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Takalar; 4) Apakah terdapat pengaruh praktik kerja lapangan dan penguasaan mata pelajaran produktif secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa  kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Takalar; Metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi sebesar 194 orang dan sampel berjumlah 130 orang. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Uji hipotesis dilakukan setelah melakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik kerja lapangan yg siswa laksanakan terdapat 85 siswa (65,38%) berada pada kategori “sangat baik”, penguasaan mata pelajaran produktif siswa sudah sangat baik, berdasarkan nilai mata pelajaran produktif siswa terdapat 130 siswa (100%) dengan kategori “sangat baik”, untuk kesiapan kerja siswa terdapat 72 siswa (55,38%) berada pada kategori siap; 2) Terdapat pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar r= 0.333 dan nilai Sig. sebesar 0.000<0.05 dengan kontribusi sebesar 11.1%; 3) Terdapat pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja siswa sebesar r= 0.179 dan nilai Sig. sebesar 0.041<0.05 dengan kontribusi sebesar 3.2%; 4) terdapat pengaruh praktik kerja lapangan dan penguasaan mata pelajaran produktif secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa sebesar sebesar r= 0.372 dan nilai Sig. sebesar 0.000<0.05 dengan kontribusi sebesar 13.8%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...