UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 6, No 3 (2022)

PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, INFORMASI DUNIA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 SOPPENG

Nimatullah Muin (Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)
Hamsu Abdul Gani (Universitas Negeri Makassar)
Lu'mu Lu'mu (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri, informasi dunia kerja dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi sebesar 110 orang dan sampel berjumlah 84 ditarik secara Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisi deskriptif menunjukka: (1) praktik kerja industri di SMK Negeri 1 Soppeng berada pada kriteria “sangat tinggi”. (2) informasi dunia kerja di SMK Negeri 1 Soppeng berada pada kriteria “sangat tinggi”. (3) motivasi kerja padaSMK Negeri 1 Soppeng berada pada kriteria “sangat tinggi”. (4) kesiapan kerja siswa berada pada kategori “sangat siap”. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh antara praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Soppeng. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig.sebesar 0,002 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 11%. (2) ada pengaruh antara informaasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Soppeng. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,014 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 7.2%. (3) ada pengaruh antara motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Soppeng. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,015 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 7%. (4) ada pengaruh antara praktik kerja industri, informasi dunia kerja dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Soppeng. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,007 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 14.1%. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...